Rabu, 16 Mei 2012

PENTINGNYA TIDUR UNTUK KESEHATAN

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Kurangnya istirahat di malam hari karena aktivitas yang sangat padat dapat menyebabkan depresi, menurunnya fungsi otak sehingga sulit untuk mengingat dan berkonsentrasi, sampai kenaikan berat badan.
 
Tidur yang kurang juga dapat menurunkan sistem imun sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti flu, penyakit jantung diabetes, atau hipertensi1. Risiko obesitas juga meningkat pada orang-orang yang tidak cukup tidur setiap malamnya. Penelitian menunjukkan, mereka yang tidur 5 jam semalam memiliki risiko obesitas 73% lebih tinggi daripada orang yang tidur 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Meningkatnya risiko obesitas ini dipengaruhi oleh fungsi hormon yang terganggu sehingga seseorang akan lebih cepat merasa lapar.


Tidur adalah waktu untuk sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Baik hormon maupun sistem imun bekerja dengan cara yang berbeda saat Anda tidur. Itulah sebabnya sepadat apapun aktivitas harian Anda, tetaplah berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup. Walaupun dipengaruhi oleh umur, kondisi kesehatan, dan aktivitas sehari-hari, rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar