Senin, 30 April 2012

6 TIP MEMILIH SEKOLAH YANG DI INGINKAN


Jangan Bingung memilih Sekolah!!!!! 
Memilih Sekolah memang gampang-gampang susah, jika salah memilih, maka akan banyak membuang waktu dan biaya. Untuk itu, bagi siswa SMP/MTs dan orang tua yang sedang mencari sekolah lanjutan bagi puteranya atau putrinya  tips berikut ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mencari sekolah yang diinginkan.

1. Pilih sekolah yang terdekat dari tempat tinggal. Jarak yang jauh akan menyulitkan siswa datang tepat waktu, akibatnya siswa akan sering terlambat dan mengganggu proses belajar.


2. Jangan melihat status. Untuk memilih sekolah jangan hanya melihat status yang terpampang pada papan nama saja, seperti sekolah negeri, terakreditasi A, sekolah bertaraf internasional, sekolah standar ISO. melainkan lihat dulu sarana yang tersedia seperti laboratorium, kelengkapan peralatan, dan kualitas tenaga pengajar yang ada.


3. Jangan menganggap bahwa sekolah negeri lebih murah dan berkualitas. Sekolah negeri sering diartikan sebagai sekolah dengan biaya lebih murah dengan kualitas lebih baik. Anggapan itu sebagian mungkin benar, tetapi sebagian besar tidak benar. Banyak sekolah swasta yang lebih berkualitas dengan biaya lebih murah.


4. Jangan percaya pada brosur. Semua yang ada pada brosur biasanya dibuat semenarik mungkin, tidak sesuai dengan aslinya. Sebaiknya datang sendiri ke sekolah yang akan dituju dan cari informasi selengkap-lengkapnya.


5. Pilih program keahlian atau Jurusan sesuai dengan keinginan dan prospek di masa depan. Jangan memilih suatu program keahlian karena ikut-ikutan atau karena program keahlian tersebut sedang digemari. Pilih suatu program keahlian yang dalam jangka panjang masih diperlukan.


6. Jangan memilih SMK yang mengadakan PSG atau Praktek Kerja industri selama setahun. Karena selama setahun siswa akan berada di tempat industri tanpa mendapat pengajaran dari guru, tetapi tetap harus membayar SPP.
Demikian sekilas tips memilih SMK, semoga bermanfaat,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar